Kandungan dan Manfaat Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Kandungan dan Manfaat Temulawak - Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malaysia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Kandungan dan Manfaat Temulawak


Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temu lawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

baca juga : Walatra Gamat Emas Kapsul

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

baca juga : Jelly Gamat Walatra

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti. (wikipedia)

Dengan banyaknya kandungan dan manfaat dari temulawak yang memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita, maka tak heran jika tanaman herbal temulawak ini sering dijadikan bahan tambahan obat-obatan herbal termasuk G-Sea Jelly Gamat Walatra dan Gamat Emas Kapsul Walatra. kandungan dan manfaat Jelly Gamat Walatra dan manfaat Walatra Gamat Emas Kapsul terbsebut tidak jauh berbeda, dengan bahan-bahan yang hampir sama yaitu terbuat dari ekstrak teripang emas, dan bahan alami pendukung lainnya. komposisi produk herbal tersebut sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia- sehingga efek samping jelly gamat walatra dan efek samping walatra gamat emas kapsul ini tidak ada!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan dan Manfaat Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)"

Posting Komentar