Manfaat Buah Ciplukan (Cecendet) untuk Kesehatan

Ciplukan ini memiliki nama sendiri di daerah-daerahnya seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), cecendet, cecendetan, cecenet (Sunda), nyornyoran, yoryoran (Madura), leletep (beberapa Sumatra), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletokan (Minahasa), katobo (Bima), kenapaok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram) serta banyak sekali lagi.

Manfaat Buah Ciplukan (Cecendet) untuk Kesehatan


Umumnya orang cuma memakai tumbuhan ciplukan hanya untuk pakan kambing, atau buah yang telah matangnya di ambil serta dikonsumsi oleh anak-anak. Berbeda dengan di Negara lain seperti di Australia serta Selandia Baru, di sanah tumbuhan ciplukan ini dibudidayakan untuk obat serta di Export ke Eropa.

Saat ini nama ciplukan begitu di kenal karena khasiat serta manfaatnya yang bisa menyembuhkan beragam penyakit. dari sebagian riset yang sempat dikerjakan mengungkap kalau tumbuhan ciplukan ini dapat dibuktikan mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tuuh, di antara kandungannya yakni saponin, (pada tunas), plavonoid (pada daun serta tunas), withangulatin A (pada buah), polifenol, fisalin serta tanin (pada akar), asam palminat serta stearat, elaidik acid (pada biji), alkaloid (akar), chlorogen acid, C27H44O-H2O (pada batang serta daun), tanin, kriptoxantin serta Vitamin C serta gula (pada Buah).

Dari kandungan yang ada pada buah ini menunjukkan kalau buah ciplikan mempunyai faedah yang begitu banyak untuk kesehatan badan. serta tanaman ini termasuk multifungsi karna bukan sekedar buahnya saja, tetapi semuanya sisi dari tanaman ini menaruh faedah yang mengagumkan. Di bawah ini sebagian manfaat serta khasiat ciplukan untuk kesehatan.

  • Mengobati Kencing Manis (Diabetes)

Ambil pohon ciplukan yang sudah berbuah cabut sampai akarnya, kemudian cuci bersih, layukan kemudian setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas, saring dan minum 1 kali satu hari.

  • Mengobati Hipertensi

Ambilah 5 gram brangkas (herba kering) ciplukan kemudian rebus dengan air 110 mili selama kurang lebih 10-15 menit sambil sesekali diaduk. Kemudian saring samapai dingin. Air rebusan tadi diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Perhatian air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam janganlah diminum karena itu sudah rusak.

  • Mengobati Bisul
Ambilah satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulosari, 1 lembar daun sirih dan garam secukupnya. Kemudian campurkan semu bahan tadi sampai halus. Dan oleskanlah disekitar bisul. Dengan ramuan ini bisul akan cepat pecah dan kering.

Demikianlah informasi Manfaat Buah Ciplukan (Cecendet) untuk Kesehatan yang bisa kami bagikan kepada anda semua.

Artikel lainnya:

http://www.kedaiqncjellygamat.com/
http://www.kedaiqncjellygamat.com/agen-qnc-jelly-gamat-kota-malang/
http://www.kedaiqncjellygamat.com/agen-qnc-jelly-gamat-surabaya/
http://www.kedaiqncjellygamat.com/agen-qnc-jelly-gamat-kota-bandung/
http://www.kedaiqncjellygamat.com/agen-qnc-jelly-gamat-semarang/
http://www.kedaiqncjellygamat.com/agen-qnc-jelly-gamat-tangerang-selatan/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Ciplukan (Cecendet) untuk Kesehatan"

Posting Komentar